KLHK Libatkan Pelajar Gelar Aksi Bersih Negeri Seputar Kebun Raya Bogor 

KLHK Libatkan Pelajar Gelar Aksi Bersih Negeri Seputar Kebun Raya Bogor 

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Green Leader Indonesia dan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Bogor menggelar aksi bersih negeri.

Kegiatan yang dipusatkan di seputar Kebun Raya Bogor ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 yang digelar KLHK salah satunya di Kota Bogor.

Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) pada KLHK, Hanif Faisol Nurofiq menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan sampah secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda.

"Hari ini kami menggelar aksi bersih anak negeri dengan melibatkan ratusan pelajar. Kegiatan ini dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati di seluruh provinsi Indonesia," ujar Hanif kepada wartawan, Jumat (8/3/2024) pagi.

Ia memandang partisipasi generasi muda dalam kegiatan tersebut sangat penting mengingat bonus demografi yang akan dialami Indonesia hingga tahun 2045. 

"Karena itu penting melibatkan generasi muda, apalagi dalam kegiatan seperti ini. Kami keliling Kebun Raya Bogor dan kami akan mencari lokasi yang butuh untuk dibersihkan," katanya.

Ditempat yang sama, Tokoh Muda Green Leader Indonesia, Ananda Tohpati mengatakan dirinya sangat menyambut baik kegiatan tersebut dan menyatakan komitmennya terhadap upaya perlindungan lingkungan. 

Ia juga mengajak komunitasnya untuk turut berpartisipasi dalam aksi bersih negeri dengan membersihkan area seputar Kebun Raya Bogor.

"Saya apresiasi acara yang digelar pemerintah. Apapun itu saya bergerak di bidang lingkungan dan kami konsisten. Hari ini kami mengajak komunitas yang kami punya untuk terlibat langsung," ucap Ananda Tohpati.

Dalam kesempatan ini, Ananda juga mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh warga Kota Bogor atas raihan anugerah Piala Adipura yang kedua kalinya secara berturut-turut dari KLHK. 

"Adipura merupakan penghargaan kota yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan. Dan penghargaan Adipura membuktikan komitmen Pemerintah Kota Bogor dan segenap warganya dalam berkolaborasi dan bersinergi untuk tetap menjaga kota Bogor sebagai Kota Hijau dengan pembangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Ini tentunya selaras dengan tema kegiatan pagi ini 'clean up day dan fun walk'," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa penanganan sampah adalah tanggung jawab bersama. 

Ia juga mengapresiasi upaya masyarakat yang telah meraih Adipura, namun mengingatkan bahwa masih banyak kerja yang harus dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman, termasuk dalam hal penanganan sampah.

"Adipura penghargaan untuk masyarakat Bogor yang sudah mulai ke arah pengelolaan sampah yang lebih baik. Kedepan harus semakin sedikit pembuangan ke TPA (tempat pembuangan akhir)," tandasnya. ***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author